Kandungan Karbohidratnya Rendah

Masyarakat nusantara ini memang agak susah makan tanpa nasi. Tentunya menjadi lebih susah bagi penderita diabetes karena harus mengurangi kadar gula lewat konsumsi nasi ini. Namun, kesulitan itu sepertinya kini bisa diatasi dengan cara mengonsumi beras Ponni. Kelebihannya, karbohidrat yang mengendap di dalam beras ini serta merta berubah menjadi energi atau tenaga bukan justru mengendap jadi gula. Bagaimana sesungguhnya keberadaan beras yang sangat istimewa dan menjadi solusi yang aman bagi penderita hipertensi dan juga diabetes ini?

INDIA merupakan negara besar dengan jumlah penduduk mencapai 1 milyar jiwa, kedua terbanyak di dunia setelah Cina. Beras IndiaDi Bumi Bratavarasa itu juga tumbuh padi yang memiliki khasiat luar biasa. Padi varietas mani chamba. Bila telah diolah menjadi beras Ponni, padi ini sangat aman dikonsumsi penderita diabetes. Soalnya, padi ini memiliki kadar karbohidrat sangat rendah.

Masyarakat India telah lama mengenalnya. Padi mani chamba yang hanya tumbuh di dataran kapur Bangalore, India Selatan ini, setidaknya telah dikonsumsi masyarakat setempat sejak ratusan tahun lalu. Bahkan, mereka mengenalnya sebagai salah satu obat tradisional.

Profesor Kannaiyan, salah seorang ahli dalam hal beras dan menjadi konsultan bagi Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia, FAO, merupakan salah satu ilmuwan yang mendukung dilakukannya kajian tersebut.

Dari hasil uji laboratorium di sejumlah negara ini, beras herbal ponni terbukti memiliki kandungan karbohidrat 70 persen lebih rendah dari beras umumnya. Beras ini pun tumbuh alami, sama sekali tidak memakai obat-obatan. Uniknya, beras kesehatan dengan varietas mani chamba ini, sebetulnya pernah juga dicoba untuk ditanam di tempat lain. Namun setelah diteliti, khsiatnya tidak seperti jika ditanam di tempat asalnya, Devangeree, Bangalore, India Selatan.

Dari area persawahan di Devangeree, Bangalore, India Selatan, padi mani chamba ini masuk ke pabrik untuk diolah lebih lanjut dan dikemas. Di pabrik ini ada 13 proses yang harus dilalui agar beras herbal ponni ini layak jual. Antara lain proses pemilihan, agar hanya butiran beras terbaik yang diambil.

Dengan glycemix index atau kandungan karbohidrat yang rendah, beras ini memang cocok bagi penderita diabetes yang biasanya harus berhati-hati dengan pola makan dan takarannya. Dengan mengkonsumsi beras ini, karbohidrat yang ada didalamnya dicerna jadi tenaga, tidak mengendap menjadi gula.

Sedangkan seratnya yang 4 kali lebih banyak dari beras pada umumnya, membantu menyerap kelebihan gula darah serta lemak yang dibuang lewat pembuangan air besar.

Nasi yang memang sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, dan Asia pada umumnya, memang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bagi mereka yang harus membatasi asupan karbohidratnya seperti para penderita diabetes, hipertensi, dan mereka yang ingin menjaga berat badan, beras ini bisa menjadi solusi yang aman. Beras herbal ponni memang bukan obat, namun berdasarkan sejumlah kajian, bisa membuat mereka menjalani kehidupan lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s