MINYAK TANAH OBAT JERAWAT


Ini bukan lantaran harganya lebih murah ketimbang bedak atau obat antijerawat. Tapi lebih karena saya tidak menginginkan efek sampingan obat. Apalagi saya termasuk orang yang kurang suka datang berkonsultasi ke dokter. Sebagai alternatif pemecahan masalah kesehatan, saya memilih minyak tanah. Kalau ada salah satu anggota keluarga sakit “masuk angin”, sakit perut, dan beberapa sakit ringan lainnya, minyak tanahlah “obat”nya meski belakangan ini sempat langka.

Salah satu pengalaman saya yang tak terlupakan hingga sekarang adalah keberhasilan saya mengusir jerawat dengan bantuan bahan bakar itu. Ketika masih duduk di kelas 1 SMU, jerawat di wajah saya mulai bertumbuhan. Beruntung, kakak angkat memberi saya “resep mujarab”. Untuk menghilangkannya pertama-tama jerawat yang matang dipencet dan dikeluarkan isinya. Bekasnya, saya olesi minyak tanah selama lebih kurang dua hari. Setelah itu ternyata kulit ari bekas jerawat mengelupas dan yang tertinggal adalah kulit baru berwarna kemerah-merahan. Dua hari kemudian kulit pun akan kembali seperti sedia kala. Mulus! Hingga sekarang, ketika saya sudah kuliah memasuki semester V, cara tersebut tetap saya pilih.

Memang tidak semua orang yang saya beri tahu cara ini mau mencobanya. Di antara yang berhasil mencoba adalah bulik (tante) saya. Hasilnya ternyata sama, kulit wajahnya juga menjadi bersih dan mulus.

Namunm, hingga kini saya masih menyimpan pertanyaan menyangkut khasiat minyak tanah tadi. Apa saja yang terkandung di dalamnya, apakah ada efek sampingannya dalam jangka panjang, dan apakah bisa digunakan semua orang? Yang pasti, minyak tanah bisa membersihkan kulit wajah saya dari jerawat. @ (Endah Wahyu Ningsih, di Malang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s