Ingin Awet Muda? Lakukan Detox Dengan Jus Buah

Hidup Sehat adalah dambaan setiap orang baik yang berusia muda maupun usia paruh-baya . Untuk menjadi sehat banyak cara yang bisa dilakukan  . Ada yang melakukan dengan berolah-raga , diet , mengatur asupan makanan , senam kebugaran dan lain sebagainya  .

Nah dalam topik ini akan saya paparkan bagaimana menjadi sehat dengan melakukan puasa detox dengan jus buah .  Ada bermacam detox yang dikenal orang diantaranya   dengan minum ramuan herbal tertentu ,  dengan cara rendam kaki yang diberi cairan khusus dan aliran listrik arus lemah dan terakhir yang akan saya uraikan adalah  menjalani detox dengan jus buah selama 40 ( empat puluh ) hari . Ya 40 hari tanpa makan nasi , hanya minum jus buah saja dari jam 7.00 hingga jam 19.00 setiap 2 jam sekali . Bagaimana penerapannya?  ikutilah uraian berikut :

Apa itu  Detox ?

Detox pengertian awamnya adalah mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh yang masuk  melalui makanan yang kita telan , melalui cairan yang diminum  dan melalui udara yang dihirup dari sekitar kita .

Tanpa disadari bahwa sebenarnya setiap saat banyak jenis racun yang masuk kedalam tubuh melalui cara-cara diatas . Nah racun-racun ini kalau dibiarkan mengendap didalam tubuh lambat tapi pasti akan menjadi masalah dikemudian hari . Hal ini sangat tergantung dari paparan yang dialaminya . Kalau konsentrasinya pekat maka efek racun tersebut akan lebih cepat muncul sebagai gejala-gejla penyakit tertentu .

Itulah sebabnya orang-orang yang sudah masuk kelompok paruh baya lebih banyak kita lihat sangat reyot fisiknya , bahkan ada yang belum masuk kelompok usia itu sudah pada nyeret kaki sebelah habis kena serangan  stroke . Nah anda mau seperti itu ? Jawabannya pasti kompak . . . tidak mauuuu . Nah kalau jawabannya seperti itu ya nurutlah dengan apa yang akan saya uraikan berikut ini .

Persiapan fisik .

Untuk bisa mengikuti ritual detox dengan jus buah ini dengan sukses ada hal-hal yang mesti diperhatikan . Bagi orang yang biasa makan pada jam-jam sembarangan alias ” lapar mata ” atau  setiap nyium  aroma makanan yang maknyus langsung ngiler   ya perlu waktu semingguan lah untuk persiapan ini . Dan bagi orang yang sudah biasa makan teratur tak perlu persiapan yang lama , tapi cukup 2 – 3 hari saja sudah cukup.

Selama waktu persiapan ini lakukan secara bertahap pengurangan asupan makanan yang berat-berat kemudian secara bertahap pula gantikan porsinya dengan buah-buahan . Buahnya bisa buah apa saja yang ada di pasar atau lapak buah . Kalao mau murah lagi meriah gunakan saja buah-buahan lokal .

Persiapan mental.

Persiapan lainnya adalah persiapan mental . Kenapa saya katakan ini ?  Karena detox dengan jus buah merupakan  suatu proses mengurangi secara bertahap asupan nutrisi yang esensial yang berasal dari produk-produk  berprotein hewani dan  kemudian diganti dengan produk nabati . Tentunya hal ini akan berdampak syok ‘ringan’ pada kondisi tubuh kita . Menurut pengalaman saya yang sudah lebih dari lima kali melakukan ini bahwa detox  jauh lebih berat dari puasa yang umum orang lakukan . Jadi tanpa persiapan mental ini biasanya ritual detox  akan gagal baru diawal saja .

Juga yang tidak kalah pentingnya dipersiapkan ketika saat detox dengan jus buah berlangsung tidak boleh kerja yang terlalu berat , istirahat cukup , tidak boleh kena sinar matahari karena kulit sangat sensitif , nah ini yang sper berat . . . yaitu ‘ no sex ‘ .

Fase pertama  ( Mulai action ) .

Pada hari pertama ‘ mulanya biasa saja ‘ karena cadangan lemak yang ada di otot dan kulit akan mulai menyusut , pada sorenya baru dikit-dikit rasa lemas . Besok paginya , ya inilah permainan uji mental yang sesungguhnya baru dimulai .

Pertama yang sangat dirasakan adalah rasa lapar disertai perut agak mulas , kepala mulai berat dan agak pening . Lidah rasa kelu dan kaku , semua rasa seperti hambar . Kotoran berwarna agak kehitaman , ini tergantung dari pola makan sebelumnya . Kepekatan warna ini menunjukkan kadar racun yang ada didalam tubuh  . Pada fase pertama ini biasanya orang sering gagal menjalani detox .

Fase kedua .

Hari ketiga sampai hari keempat akan terjadi penyesuaian . Kondsi lidah mulai secara berangsur normal . Kondisi tubuh secara keseluruhan juga mulai menuju pada fase keseimbangan  . Perasaan bobot tubuh mulai  secara berangsur semakin ringan . Biasanya berat tubuh sudah menyusut antara 2 – 3 kg .

Fase ketiga .

Fase ini dimulai pada hari kelima hingga hari ke lima belas . Disini  akan terjadi proses  lanjutan pembersihan racun-racun dari dalam , dan tubuh rasanya semakin enteng . Pakaian terutama pada lingkar pinggang menjadi  longgar , begitu juga berat tubuh terus menyusut dari 2 – 3 kg .

Fase keempat .

Pada fase ini yaitu dari hari ke enam belas hingga hari ke tiga puluh terjadia proes kestabilan . Keadaan tubuh benar-benar serasa kapas , ringan sekali karena bobot tubuh bisa menyusut 3 – 4 kg .

Fase Kelima ( terakhir ) .

Pada fase yang terakhir ini yaitu hari ke 31 – 39 adalah peoses pemulihan , artinya selama sembilan hari ini akan terjadi proses pembersihan racun-racun secara tuntas . Otot-otot serasa sangat lentur seperti karet , karena pada saat sebelum detox badan rasanya kaku seperti kayu , gerak sedikit otot dan persendian rasa nyeri . Tapi pada fase ini kita bisa melakukan gerakan-gerakan yang biasa dilakukan oleh balita , seperti mencium lutut pada posisi kaki lurus . Bahkan ketika kita duduk di kursi bisa melakukan gerakan melilitkan kaki kanan pada kaki kiri tanpa bantuan tangan dan tanpa rasa sakit .

Selamat untuk anda yang bisa lulus dari ujian kelima fase diatas , selanjutnya tibalah pada  hari ke 40 , hari yang dinanti-nantikan kembali pada kehidupan normal . Tidak berlebihan kalau saya katakan bahwa pada hari ke 40 ini rasanya lahir kembali  kedunia sebagai orang lain , sebagai pribadi yang bugar , sehat    dan walafiat .

Untuk diperhatikan , layaknya kalau orang baru berbuka puasa ya sperti itulah perlakuannya disini , tidak boleh langsung makan yang berat-berat . Sebagai pembuka makanlah bubur yang lembek ditambah kaldu , sayuran dan pelengkap aroma yang diblender agar organ pencernaan tidak kaget , kerana selama sebulan lebih istirahat .

Biasanya siang  perut sudah serasa mules mau B.A.B .  Ini hanyalah respon tubuh sementara setelah seleai menjalai detox dengan jus buah dan esok harinya sudah kembali notmal .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s